Jumat, 14 Agustus 2015

Tips Supaya Isi Koper Aman


Amankan barang bawaan Anda dari pencuri.

Maling, rampok, pencuri, atau apalah sebutannya, yang pasti, mereka ada di mana-mana. Apa pun bentuk barangnya, bernilai sedikit saja, pasti akan jadi sasaran. Sedetik saja kita lengah, tahu-tahu barang sudah hilang. Jangankan motor di dalam pekarangan rumah yang jelas-jelas terlihat, atau perhiasan yang melekat di badan Anda, barang di dalam koper pun bisa diambilnya.

Pada artikel sebelumnya, saya pernah menceritakan pengalaman saya kehilangan isi koper. Saya lalu mencari cara bagaimana, sih, supaya isi koper saya akan tetap aman?

Pertama, waktu itu saya menggunakan canvas bag. Saya pikir, mungkin karena bahannya lembut (dan kebetulan low quality) jadi mudah dibongkar. Tapi setelah mengobrol dengan teman yang juga pernah kehilangan isi koper, dia menggunakan koper biasa yang bagus (hard case). Berarti, pencurian bisa terjadi dengan bentuk koper apa pun.

Ke dua. Kalau Anda tidak mau repot, wrap saja koper dan tas Anda yang akan dimasukkan ke dalam bagasi. Di bandara, mesin wrap ini tersedia. Saya lupa berapa persisnya biaya wrapping ini, yang pasti, sekitar beberapa puluh ribu. Belum pernah tahu yang seperti apa hasilnya? Itu, loh, yang dililit-lilit plastil hingga seperti kepompong.
Tidak mau bayar jasa wrap? Baiklah, berikut tipsnya.

Bentangkan beberapa pakaian pada dasar koper Anda. Mulai dari bagian tengah hingga ke samping. Terlihat kacau? Yes, maybe, but it will help you. Letakkan barang yang sekiranya Anda khawatir akan hilang, di tengah koper. Pastikan barang tersebut dibalut dengan beberapa pakaian.



Tutup balutan (barang) tersebut dengan tumpukan pakaian. Sebisa mungkin semuanya dibentangkan melapisi semua sisi dan tumpuk lagi dengan beberapa pakaian. Maksudnya, supaya barang tertutup rapat dan akan
lebih sulit untuk pencuri merogoh ke tengah koper.


Jika isi koper Anda semakin penuh, maka akan lebih baik. Maksudnya, akan lebih susah untuk diacak-acak.



Jika di koper Anda pengikat, ini akan sangat membantu. Ikat sekencang mungkin. Setelah selesai, jangan lupa segera mengunci koper, ya.


Jika ingin menggunakan ekstra bag dari canvas, pilihlah yang ukurannya cukup besar dan sebisa mungkin cari kardus lebih dulu (kemudian masukkan kardus ini ke canvas bag tadi), jadi barang-barang Anda ada di dalam kardus.

Mungkin tips tadi berkesan sangat sederhana, tapi lumayan untuk berjaga-jaga. Amankan barang bawaan dari pencuri isi koper di bandara. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.


Image: dok pribadi + shutterstock

Baca juga:
Berobat ke Malaysia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar