Jumat, 18 Desember 2015

Tips dan Trik Merencankan Kegiatan Berlibur



Setelah berbulan-bulan bekerja mencari uang, pastilah sesekali kita juga ingin beristirahat melepas lelah. Salah satunya mungkin dengan pergi berlibur dan umumnya pun, seseorang bekerja keras juga untuk punya uang dan mengunjungi tempat-tempat impiannya. Namun sayangnya, banyaknya kebutuhan hidup sehari-hari seringkali menjadikan mimpi untuk pergi jalan-jalan menjadi terbengkalai.

Nah, bagaimana supaya keinginan untuk menjelajah dunia tetap bisa terwujud? Berikut tipsnya.
  • Ketahui biayanya.
    Dari jauh hari, mulailah cari informasi mengenai perkiraan biaya liburan Anda. Katakanlah, Anda ingin berlibur ke Jepang. Cari tahu mengenai harga tiket, penginapan, makan, transportasi dan barang-barang yang Anda ingin beli (misalnya untuk oleh-oleh). Bahkan jika mengikuti tour sekalipun, pastilah ada kalanya Anda ingin jajan makanan selain yang disajikan, kan? Bila perlu, tanyakan informasi ini pada teman atau keluarga yang baru kembali dari negara tersebut.
    Membeli tiket promo tidak selamanya dianjurkan, karena tiket seperti ini biasanya tidak bisa dimundurkan atau diganti bila Anda mendadak batal berangkat.
  • Tabung uangnya.
    Setelah mengetahui berapa biayanya, Anda akan menabung lebih mudah. Menyisihkan uang sebulan demi sebulan akan terasa lebih ringan dibandingkan harus membayar sekaligus, apalagi jika Anda berlibur dengan keluarga. Siapkan uang ekstra, untuk berjaga-jaga kemungkinan ada kenaikan biaya.
  • Ikuti paket.
    Sekarang, sudah banyak agen perjalanan yang menyediakan paket, berupa kombinasi antara tiket pesawat dan hotel misalnya. Biasanya, harga yang ditawarkan lebih murah.
  • Pilih yang hemat.
    Jika keuangan terbatas, mengambil yang lebih murah mungkin adalah pilihan yang bijak. Contoh, jika ingin berlibur bersama keluarga besar ke Bali, Anda bisa menyewa villa daripada hotel.
  • Ikuti perkembangan berita.
    Hal ini penting, terutama mendekati hari keberangkatan. Untuk berjaga-jaga saja, misalnya untuk mengetahui keadaan cuaca atau keamanan daerah tujuan Anda.
  • Atur jadwal cuti.
    Ini juga penting, Anda harus bisa mengatur jadwal cuti Anda. Sebaiknya tidak mepet. Misalnya, Anda akan berlibur selama 3 hari. Nah, mulailah cuti dari sehari sebelumnya hingga sehari sesudahnya. Jadi, Anda punya waktu untuk bersiap-siap dan untuk istirahat. Pastikan semua pekerjaan Anda sudah selesai sebelum berangkat, agar tak harus ‘diganggu’ ketika berlibur.
Itulah beberapa saran untuk merencanakan liburan Anda, semoga bermanfaat.


Image: linkedin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar