Selasa, 03 Mei 2016

Tips Mengumpulkan Uang Untuk Berlibur


Berlibur ke tempat-tempat indah, terutama di luar negeri pastilah menjadi impian setiap orang. Namun sayangnya, impian itu seringkali harus disingkirkan, karena beberapa hal, misalnya jatah cuti yang sudah habis atau uang yang tidak mencukupi. Baiklah, jika jadwal cuti masih bisa diatur, mengatur keuangan adalah hal lain yang lebih sulit. Bagaimana tips mengelola uang supaya Anda tetap bisa jalan-jalan?
  • Hitung perkiraan biaya liburan Anda. Misalnya, tiket pesawat, airport tax (jika ada), hotel, makan, biaya masuk tempat wisata, transportasi selama liburan hingga oleh-oleh. Jangan lupa menghitung biaya lain seperti biaya dari rumah menuju bandara (dan sebaliknya), tol dan untuk ditinggalkan di rumah (kebutuhan belanja).
  • Atur keuangan. Contoh, ketika akan menerima gaji, catatlah apa saja yang menjadi kebutuhan Anda dan apa yang harus dibeli. Untuk setiap kebutuhan, buat pos nya masing-masing. Misalnya, amplop A untuk membeli bahan makanan sebulan, amplop B untuk membeli bensin, amplop C untuk sekolah anak, dll. Sisanya, tabunglah.
  • Jika memungkinkan, sisihkan pula uang setiap bulan untuk biaya jalan-jalan. Jika dicicil setiap bulan seperti, akan terasa lebih ringan.
  • Jika masing-masing amplop sudah disisihkan, sebisa mungkin disiplin dan gunakan sesuai perhitungan.
  • Kurangi kebiasaan nongkrong di café. Hang out di café, sekadar membeli satu cup kopi dan seiris kue, nampaknya sudah menjadi gaya hidup orang banyak. Tak cuma di akhir pekan, kegiatan menikmati kopi di café ini bisa dilakukan hampir setiap hari. Entah itu sambil meeting, menyelesaikan pekerjaan atau mengobrol bersama teman. Sebagai gantinya, seduh saja kopi Anda sendiri. Anda bisa mencoba meraciknya, misalnya ditambahkan susu segar atau bubuk cokelat.
  • Kurangi makan di restoran. Makan sesekali di restoran, sih, boleh-boleh saja. Misalnya, di akhir pekan bersama keluarga. Tapi, kalau makan siang selalu ke restoran? Wah, jangankan untuk menabung, bisa-bisa Anda malah tekor. Mulailah berhemat dengan membawa bekal dari rumah. Makanan yang dimasak sendiri juga lebih sehat dan bersih, kan?
  • Naik angkutan umum. Coba hitung berapa biaya yang mesti Anda keluarkan setiap hari untuk beli bensin dan bayar parkir? Dengan naik kendaraan umum, Anda akan memangkas pengeluaran.
  • Masih ngekost? Cobalah share kamar dengan teman.
  • Kurangi pemakaian ponsel. Maksudnya, kurangi memakai ponsel untuk hal yang kurang penting. Misalnya, menelepon hanya untuk mengobrol, chatting atau untuk social media.
  • Batasi penggunaan credit card.
  • Follow akun social media atau newsletter agen perjalanan untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai paket perjalanan. Mungkin ada informasi potongan harga?

Intinya, sih, pintar-pintar saja menyisihkan uang.

Image: 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar