Minggu, 08 Mei 2016

Kegiatan Liburan Seru Selain Jalan-jalan (Part 1)


Anda kepengin liburan jalan-jalan bersama anak namun tabungan Anda belum mencukupi? Atau mungkin, waktu cuti Anda sudah habis? Tak perlu kecewa, Anda bisa kreatif dalam mengisi liburan anak dengan kegiatan lain yang juga menyenangkan, kok. Berikut kegiatan luar ruangan yang bisa Anda coba.

Ke taman bermain
Sekarang ini, sudah banyak dibangun taman kota, sebagian di antaranya memilki fasilitas untuk tempat bermain anak. Jika bisa menyiapkan uang lebih, Anda bisa mengajak anak-anak ke arena bermain yang ada di pusat perbelanjaan besar. Kegiatan ini juga bisa melatih anak untuk bersosialisasi dan berbagi dengan orang lain, karena dengan berada di arena bermain seperti ini, ia harus menggunakan mainan secara bergantian atau berbarengan dengan anak lainnya.

Membuat seluncuran sendiri
Buat Anda yang memiliki taman, bisa mencoba kegiatan yang satu ini. Triknya adalah dengan menyediakan terpal panjang. Bentangkan di atas tanah (pastikan tidak ada batu, ya) dan siram terpal dengan air sabun. Seluncuran siap digunakan. Anak mana yang tidak suka main air?

Berkebun
Anak-anak biasanya senang dengan kegiatan ini. Anda bisa mengajak mereka menanam tanaman seperti sayuran. Berikan peran untuk mereka, misalnya mencampur tanah, menanam bibit dan menyiramnya. Berkebun juga menjadi salah satu cara untuk melatih tanggung jawab anak dengan mengajari mereka untuk tak lupa menyiram sayurnya setiap hari. Nah, nanti ketika sayurnya sudah dipanen, masaklah sesuai selera si Kecil dan dorong mereka untuk mencicipinya. Bisa melatih anak agar suka sayuran juga, kan? Ingatlah untuk selalu menggunakan sarung tangan selama sedang memegang tanah, ya.

Berbelanja
Berbelanja yang dimaksud adalah pergi ke supermarket, ya, bukan belanja pakaian. Berbelanja ke supermarket bisa mengajarkan anak Anda banyak hal, loh. Contoh, ajari mereka membantu Anda mengambil dan memasukkan barang ke keranjang, belajar mengantre dan menimbang sayuran. Pastinya, ini juga menjadi kesempatan baik Anda untuk mengajari si Kecil belajar mengenal jenis sayur-sayuran dan buah, belajar tentang manfaatnya, warna, rasa, dsb.


Bagaimana menurut Anda mengenai tips di atas? Seru, kan?

Image: liveplayfully.gogosqueeze

Tidak ada komentar:

Posting Komentar