Jumat, 06 Mei 2016

Tata Krama di Tempat Umum (Part 1)


Menjaga serta menjalankan sopan santun dan tata karma adalah suatu kewajiban dan semestinya kita lakukan di mana pun kita berada.

Tempat wisata
Di mana pun kita, ingatlah bahwa ada peraturan yang berlaku. Jika berada di tempat wisata misalnya, ingatlah untuk selalu membuang sampah pada tempatnya. Diri kita sendiri pun, bukankah akan tidak senang jika melihat tempat yang kotor? Jagalah tingkah laku dan ucapan, terutama jika berada di tempat yang disakralkan (missal jika sedang wisata religi atau ziarah). Ingat untuk selalu mengantre, misalnya ketika membeli tiket masuk.

Contoh lainnya, misalnya jika sedang membawa anak wisata ke taman air, biasanya, anak akan terus-terusan menggunakan suatu alat permainan tanpa menghiraukan anak lainnya yang juga ingin bermain. Dalam hal ini, Anda sebagai orang tua wajib mengingatkan anak-anak Anda, ya.

Restoran
Di sini, nih, biasanya seseorang seringkali ‘melupakan’ tata karma. Misalnya, akan sangat menjijikan dan mengganggu orang sekitar jika Anda buang ingus, membuang lendir (dahak), buang angin atau meludah di sekitar meja makan. Mengorek-ngorek gigi atau mengupil juga tidak sebaiknya dilakukan dalam tempat seperti ini, ya. Jika terpaksa, tutuplah dengan tisu, sapu tangan atau pergilah ke toilet.

Makanlah dengan cara yang baik dan sopan. Makan perlahan dan menyuap secukupnya, supaya nasi tidak terjatuh dari mulut. Hindari berbicara ketika mulut penuh dan mengunyahlah dengan mulut tertutup supaya tidak mengecap.

Saya pun pernah, nih, mengalami suatu kejadian yang sangat tidak pantas ketika berada di restoran. Ketika itu, ada keluarga yang membawa anak kecil dan dengan ‘santai’nya, si orang tua mengganti popok anaknya yang pastinya sudah kotor, di meja makan. Duh, ini sangat tidak sopan! Walaupun hanya anak-anak, tetap saja itu kotorannya, kan. Di pusat perbelanjaan sudah tersedia tempat khusus untuk mengganti popok, jangan malas untuk datang ke sana.

Anda setuju tidak, dengan tata krama yang mesti dilakukan seperti di atas? Posisikan diri Anda sebagai orang lain. Apakah Anda akan suka jika mendapat perlakuan yang tidak baik? Untuk informasi selanjutnya akan kita ulas di artikel selanjutnya, ya.


Image: playbuzz

Cari kamar hotel murah? Cek di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar