Senin, 05 Oktober 2015

Mengenal jenis Ombak Untuk Bermain Selancar


Kali ini saya mau bagi-bagi informasi yang sedikit berbeda, nih. Setelah baca-baca artikel mengenai pantai-pantai cantik di Indonesia, saya menemukan beberapa istilah yang dipakai untuk menyebut jenis ombak untuk surfing. Berhubung sedikit bingung, maka saya segera googling, dan, jika Anda juga pengin mengetahui apa saja jenis-jenis ombak untuk selancar, berikut informasinya.

Selain membutuhkan keberanian ektra, kepiawaian menjaga keseimbangan, untuk menjadi surfer, dikatakan, Anda mesti pandai ‘membaca’ ombak. Sebelum belajar lebih lanjut soal surfing, berikut sekilas informasi mengenai jenis ombak. Pada dasarnya, jenis atau karakter pantai, membentuk ombak yang berbeda-beda pula.

  • Rolling
    Jenis ombak ini biasa ditemui di wilayah garis pantai yang datar. Ombak rolling terbilang aman bagi surfer pemula. Jenis ini adalah yang paling umum dari shorebreak.
  • Dumping
    Adalah jenis ombak yang seketika datang dengan keras. Biasanya, ombak ini terdapat di kawasan pantai yang banyak memiliki karang. Ombak ini cukup berbahaya, maka surfer pemula tidak disarankan berada di kawasan dengan ombak seperti ini, karena kekuatannya bisa menghempaskan peselancar ke air.
  • Ombak besar
    Ombak ini bisa ditemui di kawasan pantai yang curam dan dalam, ombak besar tergolong berbahaya karena bisa menghempaskan surfer dan menyeretnya ke laut yang lebih dalam.
  • Mellow
    Sesuai dengan namanya, jenis ombak yang satu ini pecah dengan lambat, karena ketinggin air di bawahnya sangat dalam.
  • Hollow
    Ombak yang cepat dengan dinding yang berdiri. Ombak ini terbentuk karena dasar yang dangkal. Jenis ombak hollow dirasa paling tepat untuk menjajal beberapa trik selancar, tapi memiliki risiko terluka jika tubuh terhempas ke karang.
  • Barrel
    Adalah ombak cepat yang bentuknya menyerupai terowongan, juga terjadi di kawasan perairan dangkal. Meski dangkal, tapi ombak ini hanya diperuntukan bagi peselancar profesional.
Untuk informasi lebih lanjut, belajarlah jenis-jenis ombak langsung dengan ahlinya. Jika penasaran, cobalah melihat-lihat gambar ombak-ombak ini via internet, untuk melihat gambaran lebih nyatanya. Siapa tahu, Anda tertarik untuk menjadi peselancar profesional.


Image: entertainmentdesigner

Tidak ada komentar:

Posting Komentar