Senin, 12 Oktober 2015

Berburu Manisnya Permen Khas dari Berbagai Negara


Berlibur dengan anak ke kebun binatang atau taman bermain air, mungkin itu sudah biasa. Jika ingin sesuatu yang berbeda, ajak anak-anak Anda berlibur ke berbagai negara sembari hunting permen khas negara tersebut. Sudah pergi berlibur bersama, dapat permen pula, sudah pasti menjadi pengalaman yang menggembirakan bagi mereka.

Tang Hu Lu
Jika Anda mengajak si kecil mengunjungi Tiongkok, ajaklah Ia menjajal Tang Hu Lu. Permen kuno ini disebut juga dengan Bing Tang Hu Lu, bentuknya bulat-bulat kemudian disusun dengan stik panjang. Pada dasarnya, bahan baku utamanya adalah buah-buahan (bahkan yang tumbuh liar) yang kemudian dilapisi gula. Kalau dilihat-lihat, bentuknya seperti ulat yang besar dan panjang. Untuk versi yang lebih modern, digunakan buah-buahan umum yang dilapis gula, cokelat cair atau wijen.

Permen khas lainnya dari negara ini adalah Li Hing Mui. Permen ini terbuat dari buah plum yang dikeringkan. Rasanya asam dan asin. Permen ini dipercaya bisa menyembuhkan sakit tenggorokan.
Image: cultureofchinese

Lokum
Atau juga dikenal dengan nama Turkish delight. Permen ini kenyal, sedikit mirip dengan jelly keras dan berbalur gula halus, sehingga terlihat seperti kesemek. Biasanya berisi potongan kacang-kacangan khas seperti almond atau walnut. Bagi saya pribadi, permen jenis lokum ini terlalu manis, saya lebih suka pismaniye, sejenis cotton candy a la Turki. Bentuknya seperti benang yang dipilin. Harganya? Mahal!
Jadi, kalau ke Turki, jangan lupa cari permen-permen ini, ya.
Image: kemalkutucu

Brigadeiro
Adalah permen asal Brazil yang menjadi pelengkap pesta, terutama acara ulang tahun anak-anak. Brigadeiro terbuat dari susu dan bubuk cokelat.

Canadian Maple Candy
Permen yang terbuat dari sirup maple ini bahkan menjadi bagian dari kebudayaan Kanada. Cara pembuatannya juga unik. Setelah sirup dimasak hingga kental, kemudian dituang di atas salju dan dibiarkan hingga mengeras.

Bbopki
Pelesir ke Korea? Cobalah bbopki. Permen ini terbuat dari karamel. Sekilas, dari warna dan bentuknya, mirip dengan pie susu dari Bali.

Seru, kan? Kira-kira, permen mana yang bakal disukai anak-anak Anda?
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar