Selasa, 19 Januari 2016

Tips Membuat Travel Foto Menjadi Lebih Menarik


Ketika sedang jalan-jalan, jangan lupa untuk membawa kamera. Pastinya, untuk mengabadikan momen-momen indah Anda selama di perjalanan. Untuk kenang-kenangan seumur hidup atau sekadar me-share nya di akun social media Anda, yang penting, adalah bangaimana menjadikan foto-foto ini menjadi lebih menarik dan lebih baik. Berikut beberapa tips yang saya kumpulkan.

  • Gabungkan 3 unsur.
    Orang, tempat dan benda. Contoh, Anda ingin memotret sebuah menara cantik dan kebetulan, pada saat itu sedang gerimis. Daripada Anda hanya memotret menara tadi saja, akan lebih keren jika (misalnya) Anda meminta pasangan atau anak Anda ikut berfoto, dengan latar belakang menara tadi, sambil memegang payung. Tentu saja diatur sedemikian rupa agar terlihat sesuai.
  • Lebih dekat.
    Tentu saja hal ini disesuaikan dengan objeknya. Jika Anda ingin memotret pemandangan, mungkin Anda mesti mengambil gambar dari jarak yang cukup jauh. Tapi untuk objek yang kecil, misalnya, orang atau suatu benda, fotolah dari dekat, supaya detilnya lebih terlihat.
  • Siapkan kamera.
    Ada baiknya simpan kamera Anda di tempat yang mudah dijangkau. Jika tiba-tiba Anda melihat sesuatu yang menarik, Anda bisa segera memotretnya.
  • Pelajari teknik dasar.
    Misalnya, Anda mesti teknik dasar pencahayaan, permainan warna, penempatan objek, framing, mengedit, dsb.
  • Bagi menjadi 3 bagian.
    Objek tak selamanya mesti ditengah. Anda bisa membaginya menjadi kiri-tengah-kanan. Contoh, Anda ingin memotret seorang wanita mengenakan terusan hijau, sedang memasuki pintu. Tapi, dinding di sekitarnya yang berwarna biru juga begitu menarik. Anda bisa menempatkan wanita tersebut di bagian kanan dan membiarkan bagian tengah dan kirinya kosong agar dinding cantik tadi terlihat jelas.
  • Objek bergerak.
    Sesekali, fotolah objek yang bergerak. Trik ini mungkin bisa Anda pelajari lebih dulu.
  • Objek terkenal.
    Carilah objek yang banyak disukai dan diinginkan orang. Foto-foto seperti ini juga bisa menjadi ‘laris’, di Instagram misalnya, lumayan, mungkin bisa menambah follower Anda.
  • Berikan tanda.
    Contoh, Anda ingin memotret buah khas dari negara yang sedang Anda kunjungi. Di samping buah tersebut terdapat tag nama buah dan harganya, Anda bisa memotret sekalian tag tadi.
  • Buatlah foto Anda bagai menceritakan sesuatu.
  • Yang khas dari suatu tempat. Fotolah sesuatu yang unik, yang tidak ada di tempat asal Anda, yang menjadi ciri khas dari lokasi yang Anda kunjungi. Entah itu landmark, kain tradisioal, atau jajanan.
  • Pelengkap.
    Misalnya, bawalah serta pakaian-pakaian dan asesoris Anda yang keren. Tidak perlu bawa banyak, yang penting Anda jago mix and match.
Itulah beberapa tips yang saya rangkum. Masih ada banyak tips lagi yang bisa Anda pelajari. Banyak, kok, artikel-artikel tentang membuat travel foto yang bisa Anda baca. Semoga bermanfaat, ya.

Image: blog.calssic-equine

Tidak ada komentar:

Posting Komentar