Jumat, 19 Agustus 2016

Hambatan dalam Membuat Paspor


Tabungan Anda untuk merasakan jalan-jalan ke luar negeri sudah cukup? Nah, paspor Anda sudah jadi atau belum? Kalau belum, yuk, buru-buru dibuat. Sebelum Anda datang ke kantor imigrasi, jangan lupa untuk membawa semua dokumen, ya, jangan sampai Anda sudah lelah mengantre, malah ada yang masalah. Apa saja masalah atau hambatan yang biasanya terjadi ketika mengurus paspor?

Waktu
Sebetulnya, ini bukan hambatan, tapi tidak jarang pula, seseorang datang mengurus paspor dalam waktu yang sudah mepet. Sebaiknya, uruslah pembuatan atau perpanjangan paspor dari jauh hari. Karena biasanya, waktu antrean sering terpotong, sehingga masuknya berkas Anda menjadi tertunda, kalau sudah begitu, waktu selesainya sudah pasti jadi lebih lama. Solusinya, datanglah pagi-pagi sekali untuk mengambil nomor.

Dokumen tidak lengkap
Sebaiknya Anda membawa dokumen-dokumen Anda ketika mengurus paspor, untuk berjaga-jaga. Bawalah baik yang asli dan yang sudah di photocopy. Karena keduanya, sama-sama akan diperiksa. Biasanya tidak membawa dokumen asli ini juga sering menjadi kendala.

Untuk semua yang sudah dibuat salinannya, jadikan satu agar tidak tercecer. Beberapa dokumen yang paling penting adalah KTP, akta kelahiran, kartu keluarga (kk), ijazah terakhir dan surat kerja (ini bisa Anda minta dari kantor tempat Anda bekerja, harus resmi, ya). Kalau Anda sudah menikah, bawa juga salinan buku nikah Anda. Untuk salinan KTP, mesti dibuat dalam ukuran besar.

Ada perbedaan data
Ada perbedaan data antara satu dengan yang lainnya? Walaupun hanya satu huruf atau angka, dijamin, Anda bakal pusing, deh. Perbedaan yang dimaksud misalnya, ada huruf yang berbeda pada nama Anda yang tertera di KTP dan di ijazah. Contoh lainnya adalah perbedaan tanggal lahir. Jadi, sebelum Anda terpaksa bolak-balik mengantre di kantor imigrasi, pastikan dulu semua data Anda seragam. Jika ternyata, misalnya ada data yang berbeda, Anda bisa meminta surat keterangan dari RT setempat, isinya berupa konfirmasi mengenai mana data yang benar. Surat ini juga sebaiknya dibawa serta.


Nah, kalau sudah tahu informasiya, jangan sampai ada yang tertinggal lagi, ya. Setelah paspor selesai, baru, deh, pesan tiket pesawat dan booking hotel online.

Image; jalansanasini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar