Selasa, 23 Agustus 2016

Jangan Lakukan Hal Ini Ketika Sedang Makan


Perlukah menerapkan table manner? Tentu saja. Baik itu kegiatan makan informal dengan keluarga, tema dekat, terutama, jika Anda sedang makan bersama di restoran (apalagi restoran mewah seperti yang ada di hotel) atau sedang menghadiri acara makan dengan tamu penting. Dengan menerapkan tata cara makan yang baik, tentu saja orang lain akan lebih menghargai kita dan akan merasa nyaman. Apa saja, sih, hal-hal yang sebaiknya tidak kita lakukan ketika sedang makan?

Makan sambil membuka mulutBanyak, loh, orang yang mengunyah tapi tidak menutup mulutnya. Hal ini sungguh tidak sedap dipandang. Selain itu, biasanya menimbulkan bunyi mengecap atau yang lebih parah, makanan jadi berjatuhan dari mulut. Parahnya lagi, hal ini biasanya tidak disadari. Mengunyah dengan mulut tertutup memang bukan kebiasaan semua orang, namun hal ini bisa dilatih.

Menyuap dengan penuhAda tipe orang yang selalu menyuap hingga mulutnya penuh mengembung. Biasanya, mereka juga makan (dan mengunyah) dengan cepat. Menyuap itu secukupnya saja dan kunyahlah makanan secara perlahan. Selain memberikan Anda kesempatan untuk menikmati hidangan, makanan yang dikunyah dengan baik juga meringankan kerja dari sistem pencernaan.

Sibuk mengobrol sambil mengunyahBukan berarti tak boleh bicara ketika Anda makan, tapi telan dulu makanan yang ada di mulut Anda. Lagipula, berbicara dengan mulut terisi membuat kata-kata Anda menjadi tidak jelas dan makanan yang sedang dikunyah juga akan terlihat oleh rekan Anda. Ingin mengajukan pertanyaan pada rekan Anda? Tunggulah setelah ia selesai mengunyah.

Sibuk mengambil sesuatuMisalnya, Anda ingin mengambil garam, ambilah langsung jika garam tersebut ada di sebelah Anda atau di depan (dalam jangkauan), jika cukup jauh, minta bantuan orang lain untuk mengambilkannya.

Menyisakan makanan pada garpuMaksudnya? Misalnya Anda menusukkan daging ke garpu, tapi karena potongannya terlalu besar, Anda menggigitnya setengah dan membiarkan setengah gigitan lainnya tertinggal di garpu. Jangan melakukan hal tersebut, ya, masukkan seluruhnya langsung ke dalam mulut. Makanya, potong makanan sesuai dengan ukuran mulut Anda.

Melakukan bahasa tubuh tertentu dengan memegang alat makanSeperti secara tak sadar menggerak-gerakkan pisau dan garpu karena Anda asyik mengobrol.

Mengorek gigiJangan pernah mengorek-ngorek gigi di meja makan. Jika ada yang tersangkut, pergilah ke toilet untuk membuangnya.

Nah, itulah beberapa contoh bad table manner yang wajib Anda hindari, ya.

Image: thebolditalic

Tidak ada komentar:

Posting Komentar